CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 24 Agustus 2011

Dosis Antibiotik untuk kucing


Harus diakui, kita seringkali memberikan antibiotik seperti amoxicilin dll pada pus kita untuk mengatasi masalah2 baik ringan maupun berat. Padahal pemakaian antibiotik harus seijin dokter.
Namun yg paling penting adalah kita mengetahui dosis yg tepat & aman untuk pus. Pemberian dosis yg salah bisa berakibat memperparah sakitnya, bahkan fatal buat si pus.
Dosis Amoxicilin:
10-20 mg per kg berat badan kucing 2-3 kali sehari (jadi jangan samakan dosis kitten/ kucing dewasa)
Contoh kita biasa membeli pil Amoxicilin 500 mg, maka dosis aman untuk kitten/kucing dg berat badan 3 kg adakah 1/8 tablet = 62.5 mg sehari 2 x saja sudah cukup, kecuali disarankan lain oleh Vet sesuai dg penyakitnya.

Dosis Ottoprim 480 mg (Sulfamethoxazole 400 mg + Trimethoprim 80 mg) untuk mengatasi diare krn parasit, infeksi saluran kencing, pneumonia, dll =
25 mg per kg berat badan kucing/ anjing sehari 1 x

Dosis Metronidazole
10-60 mg per kg berat badan kucing (biasanya dosis rata2nya 30 mg/kg) sehari 1-4 x

Jadi jangan segan2 untuk memotong2 pilnya ya, krn kalo kebanyakan antibiotik kasian kittennya juga, bisa demam, gak bisa tidur, perutnya tambah sakit, dan masih banyak side efek dari antibiotik itu sendiri dari yg ringan sampai menimbulkan anemia, kerusakan ginjal dan hati.

Jangan segan2 untuk bertanya, terutama bila kondisi memungkinkan berkosultasilah pd dr hewan.
Harus kuakui dulu aku juga pernah memberikan amoxicilin 1/4 tablet pada kitten dg berat cuma 1 kg krn kekurang tahuanku untung gpp krn segera dikoreksi dosisnya stlh ke drh. Dulu juga pernah drh yg menyarankan kucingku berat 3,5 kg dikasih 1/2 tablet amoxicilin dg alasan "krn memberi obat kucing kan susah sering dimuntahkan, dll jd kalo kecil dosisnya nti gak cukup" begitu katanya. Namun kini aku lebih ngerti, justru kalo dosisnya kecil si pus gak sempet muntahin, kalo kebanyakan si pusnya pasti kepahitan dan dimuntahin.
Ok teman2 sekian dulu, cuma sekedar sharing info aja.


http://www.emocutez.com