CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 25 November 2011

Cara membersihkan pasir kucing

Kalo kita mempunyai binatang peliharaan pasti menyenangkan apalagi kucing yang menggemaskan. Tapi ada yang tidak disukai yaitu kotorannya, kadang membuat sebel. Kadang-kadang kita males bersihin litter tray-nya, alasan yang paling sering muncul biasanya jijik, ngeliatnya aja udah males banget. Tapi kalo tidak dibersihin justru makin mengganggu lantaran baunya yang gak nahan, parfum merek terkenal manapun tidak bisa menyaingi baunya yang khas apalagi klo kucingnya banyak jadi pubnya banyak juga.. Untuk menghindari baunya, biasakan bersihkan pasir sekali sehari, kemudian ganti dengan yang baru, trus yang lama bisa kita cuci dan klo dah kering bisa dipakai kembali.

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membersihkan pasir:

1. Rendam pasir dengan air panas mendidih klo tidak ada air panas bisa dengan air biasa diamkan kira-kira 15 menit. Kemudian buang airnya, tujuan dari perendaman agar air kencing kucing dapat larut . Siram lagi pasir dengan air biasa sambil diaduk dengan sekop khusus pasir kucing, kemudian buang airnya. Lakukan beberapa kali sampai air berubah menjadi bening.Klo mau irit air bisa menggunakan kotak pasir berlubang tapi yang lembut jangan sampai pasirnya ikutan kebuang.


2. Rendam pasir dengan cairan desinfektan (karbol yang banyak dijual di toko-toko, misalnya densol atau bayclin). Tambahkan sedikit air, diaduk sebentar, kemudian diamkan kira-kira 30 menit.

3. Buanglah air campuran desinfektan tadi, tiriskan pasir kemudian jemur di bawah terik matahari.

tips :

• Kalo mau jemur pasir, lebih baik pake alas seng karena cepat kering

• Ratakan pasir tipis-tipis ke seluruh permukaan seng, jangan sampai tindihan pasir terlalu tebal. Karena kalo tebal, pasir yang ada dibawahnya gak bakalan kering. Kalau pun tidak ada seng bisa menggunakan nyiru.

• Setelah membersihkan pasir, cuci bersih tangan dengan sabun cair anti kuman, lalu rendamlah tangan beberapa saat dalam larutan dettol cair + air hangat. Setelah tangan kering, usapkan hand sanitizer. Cara ini berguna untuk mencegah penularan penyakit dari kotoran kucing tadi.

• Jangan lupa untuk membersihkan juga litter tray-nya. Sikatlah sampai bersih dan siram dengan desinfektan, supaya kuman- kumannya is dead. Mungkin klo ada temen temen yang mempunyai tips laen tentang cara mencuci pasir.